Jl. SM. Raja No. 126A Rantauprapat, Labuhanbatu, Sumatera Utara, Indonesia
(0624) 2109, HP : 081361513180 call center PMB Y-ULB : (0624) 7671311
info.stkip-labuhanbatu.ac.id - stkip1999@gmail.com

STKIP Labuhan Batu Mewisuda 192 Lulusan Sarjana pada Wisuda Sarjana Ke XVIII Tahun 2018

UNGGUL – PROFESIONAL – KOMPETITIF - MANDIRI - BERKARAKTER

STKIP Labuhan Batu Mewisuda 192 Lulusan Sarjana pada Wisuda Sarjana Ke XVIII Tahun 2018

STKIP Labuhan Batu Mewisuda 192 Lulusan Sarjana pada Wisuda Sarjana Ke XVIII Tahun 2018

Dari kiri ke kanan, berturut-turut : DR. H. Amarullah Nasution, SE, MBA (Ketua Yayasan ULB), H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT(Plt. Bupati Labuhanbatu) dan Prof. Dr. Dian Armanto, M.Pd, MA, M.Sc, Ph. D (Kepala LLDIKTI Wil. I Sumut)

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara, Bapak Prof. Dr. Dian Armanto, M.Pd, MA, M.Sc, Ph. D, hari Senin (17/9/2018) menghadiri wisuda 685 alumni kampus yang dikelola Yayasan Universitas Labuhan Batu.

Turut hadir dalam acara ini , Ketua Yayasan Yayasan Universitas Labuhan Batu, DR. H. Amarullah Nasution, SE, MBA, Plt. Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT, Bapak-bapak dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKORPIMDA), Kabupaten Labuhanbatu, Pimpinan SKPD Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta se Kabupaten Labuhanbatu, Pimpinan Ormas, Lembaga Pendidikan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Bapak/Ibu Ketua  STIE, STIH, STIPER, STKIP dan Direktur AMIK Labuhan Batu Yayasan Universitas Labuhan Batu dan perwakilan IKA (Ikatan Alumni) dari STIE, STIH, STIPER, STKIP dan AMIK Labuhan Batu Yayasan Universitas Labuhan Batu.

Kegiatan Wisuda Sarjana dan Ahli Madya ke XVIII Tahun 2018 pada STIE, STIH, STIPER, STKIP dan AMIK Labuhan Batu ini  berlangsung di Auditorium Kampus Yayasan Universitas Labuahn Batu, Rantauprapat, Jl. SM. Raja No. 126A Aek Tapa Rantauprapat.

Acara diawali dengan prosesi iring-iringan Senat yang terdiri dari Ketua, Pembantu Ketua, serta masing-masing Ketua Program Studi wisudawan dan wisudawati yang dipandu dengan petugas pembawa pedel, dan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan Mars Universitas Labuhan Batu. Usai prosesi dan iring-iringan, acara dilanjutkan dengan Pembukaan yang dipimpin oleh Ketua STIE Labuhan Batu, Ade Parlaungan Nasution, SE, M. Si

Dalam laporanya, Ketua Panitia Wisuda, Riswanto, S. Pd, M. Si menyampaikan bahwa, tujuan Pelaksanaan Wisuda pada STIE, STIH, STIPER, STKIP dan AMIK Labuhan Batu Yayasan Universitas Labuhan Batu bertujuan untuk melantik mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya, dan upaya repleksi diri yang berkaitan dengan empat kompetensi yaitu, kompetensi akademik, kompetensi professional, komptensi nilai, sikap dan komptensi menghadapi perubahan Global.

Jumlah Wisudawan yang dilantik sebanyak 685 orang, terdiri dari Program Studi Manajemen seabanyak 292 orang, Ilmu Hukum sebanyak 52 orang, Agroteknologi sebanyak 76 orang, Pendidikan Biologi sebanyak 101 orang, Pend. Matematika sebanyak 71 orang, Pendidikan PKn sebanyak 20 oran dan Program Diploma Tiga Manajemen Informatika dan Komputer sebanyak 73 orang

Dari lulusan yang dilantik, rata – rata lama studi selama 4 tahun 0,04 bln, dengan rata-rata IPK 3,25. Sebanyak 26% predikat Memuaskan, 53 % predikat Sangat Memuaskan dan 21 % predikat Dengan Pujian/Cumlaude

Wisudawan Terbaik terdiri dari Arsiani Putri, SE dengan IPK 3,75 dari Program Studi Manajemen Zul Bahri, SH dengan IPK 3,71 dari Ilmu Hukum, Miranda Hasibuan, SP dengan IPK 3,90 dari Agroteknologi, Uci Wulandari, S. Pd. dengan IPK 3,75 dari Pend. Biologi, Berlian Pasaribu, S. Pd dengan IPK 3,59 dari Pend. Matematika, Maya Sagala, S. Pd. dengan IPK 3,77 dari Pend. PKn dan Aysyah Rengganis, Amd denagn IPK 3,79 dari Program Diploma Tiga Manajemen Informatika dan Komputer

Sidang Senat Terbuka  STIE, STIH, STIPER, STKIP dan AMIK Labuhan Batu Yayasan Universitas Labuhan Batu

Selanjutnya Koordinator Akademik Yayasan ULB, Ade P. Nasution, SE, M. Si menyampaikan sejumlah  perkembangan yang terjadi di perguruan tinggi yang kita banggakan ini. Salah satunya adalah peningkatan status Akreditasi Program Studi (APS) dan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT). Tujuh Program Studi, yaitu Manajemen, Ilmu Hukum, Agroteknologi, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dan Manajemen Informatika seluruhnya sudah mendapat Akreditasi Program Studi pada peringkat “B”(sangat baik). Empat PTS telah meraih Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) pada peringkat “B” (sangat baik), yakni STKIP, STIE, STIPER, dan STIH, sedang AMIK Labuhan Batu sedang menunggu hasil proses Assasemen Lapangan (AL).

Sekolah-sekolah Tinggi dan AMIK Labuhan Batu terus berupaya memperbaiki administrasi dan pelayanan kepada para civitas akademik. Peningkatan pelayanan terhadap mahasiswa ditujukan untuk memfasilitasi kegiatan belajar-mengajar di lingkungan kampus. Yayasan ULB menyediakan Online Services (Layanan Online) bagi seluruh civitas akademika (Mahasiswa, Dosen, Karyawan, Alumni dan Masyarakat), untuk mempermudah aktifitas akademik dan administrasi yang dapat digunakan kapan saja, di mana saja. Layanan-layanan itu antara lain : SIAKAD, Simpeg, Simkeu, E-Library, E-Journal, Repository, Website, dan media sosial. Layanan internet broadband 24 jam sangat membantu mahasiswa, dosen dan staf akademik dalam menjalankan tugasnya. Di Sekolah-sekolah Tinggi dan AMIK Labuhan Batu Yayasan ULB juga tersedia layanan Bursa Efek berupa galeri pasar modal.

Kami juga mendorong peningkatan publikasi dan jurnal bagi dosen-dosen tetap. Sesuai Peraturan Menristekdikti, tiap dosen diwajibkan aktif mempublikasikan karya ilmiah, sehingga keaktifan para dosen dapat dipantau di portal karya ilmiah dosen se-Indonesia Science and Technology Index (SINTA). Semua dosen wajib mendaftar pada portal SINTA ini. Namun sebelumnya, mereka harus memiliki karya ilmiah yang terindeks di Scopus atau Google Scholar. Kami juga mendorong sertifikasi dosen atau serdos. Proses serdos hingga saat ini sudah mencapai sekitar 86,5% dosen di Sekolah-sekolah Tinggi dan AMIK Labuhan Batu Yayasan ULB. Dosen yang pada praktiknya memiliki tugas berat perlu meningkatkan kualitas dirinya agar bisa meningkatkan kualitas mahasiswanya melalui perkuliahan. Mereka perlu menjadi sosok profesional yang berdedikasi untuk memajukan pendidikan tinggi bangsanya.

Sekolah-sekolah Tinggi dan AMIK Labuhan Batu mengukuhkan diri sebagai kampus go internasional dengan wawasan multicultural.  Saat ini, kami melebarkan jaringan kerjasama dengan dunia internasional, untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa. Di antaranya ialah dengan Universiti Tun Hussein Onn Batu Pahat, Malaysia, Universiti Sains Islam Malaysia, Nilai, Negeri Sembilan, Malaysia, Kolej Universiti Insaniah, Kedah, Malaysia, North Bangkok University, dan Rajamangala University of Technology Krungthep, Bangkok.

Selain kerja sama dengan luar negeri di bidang pendidikan, kami juga menjalani kerja sama dengan berbagai PTN dan PTS di Indonesia. Di bidang pendidikan sendiri, kami sudah menyelenggarakan berbagai seminar nasional dan internasional dengan narasumber dari Malaysia. Selain itu, kerjasama juga dilakukan dalam bentuk KKN Internasional yang akan dilaksanakan pada bulan November 2018.

Ketua Yayasan Universitas Labuhan Batu, DR. H. Amarullah Nasution menyampaikan, bahwa sebagai badan/yayasan yang mengelola  pendidikan tinggi swasta, kami terus menerus berusaha meningkatkan kwantitas dan kualitas pelayanan akademik bagi masyarakat:

Disamping ruang kuliah yang nyaman, kami sudah melengkapi sarana dan prasrana penunjang seperti ruang dosen tetap, ruang UKM, Ruang Mapala, Ruang Menwa, Ruang BEM, Mushola, lapangan olah raga, Auditorium/Aula, Perpustakaan Induk dan Prodi, Lab. Microteaching, lab. Biologi Dasar, Lab. Mikrobiologi, Lab. Ekologi dan Diversitas, Lab. Multimedia Komputer, lab. komputer pemrograman, ruangan klinis hukum, laboratorium Biologi Dasar, ruang seminar, Lab. komputer hardware dan jaringan,lab. ilmu dasar, lab. ilmu terpadu, green house, kebun percobaan, Lab. Mekanik Pertanian

Sekolah-sekolah Tinggi dan Akademi di Yayasan Universitas Labuhanbatu telah mendapat Program Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PP-PTS) dari Kemenristekdikti, pada tahun 2015, 2016, dan 2017. STKIP Labuhan Batu, STIPER Labuhan Batu, STIH Labuhan Batu dan AMIK Labuhan Batu adalah 4 PTS kita yang memperoleh bantuan PP-PTS tersebut

Yayasan Universitas Labuhan Batu mengelola 5 PTS yaitu STIE, STIH, STIPER, STKIP, dan AMIK Labuhan Batu, dengan 7 Program Studi, yaitu Manajemen, Ilmu Hukum, Agroteknologi, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dan Manajemen Informatika. Syukur Alhamdulillah 4 PTS telah meraih Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) pada peringkat “B” (sangat baik), sedang 1 PTS sedang proses menunggu Asesmen Lapangan (AL) oleh BAN PT pada tgl 7 s/10 September 2018, dan semua Program Studi telah mendapat Akreditasi Program Studi) pada peringkat “B”(sangat baik)

Semua Dosen Tetap berpendidikan minimal S2, dan dua orang S3 (doktor) yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan swasta yang ternama. Yayasan ULB terus mendorong dosen-dosen tetap untuk senantiasa meningkatkan kualifikasinya melalui studi lanjut. Sebanyak 7 orang Dosen Tetap sedang melanjutkan Tugas Belajar pendidikan studi ke S3 (program Doktoral) dengan biaya Dikti di berbagai Perguruan Tinggi Negeri.  Sebanyak 5 orang mengikut Izin Belajar S3 di berbagai PTN dan PTS di dalam dan luar negeri.

Untuk tujuan efisiensi dan efektifitas pengelolaan pendidikan, Yayasan Universitas Labuhanbatu telah mengajukan permohonan penggabungan dan perubahan bentuk Sekolah-sekolah Tinggi dan AMIK Labuhan Batu menjadi satu Universitas Labuhan Batu, dengan penambahan beberapa Program Studi baru yaitu, Program Studi Akuntansi, Kimia, Peternakan, Perikanan, Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Pendidikan Bahasa Inggeris. Kami mohon perhatian dan bantuan dari Kepala L2Dikti untuk mempercepat proses penggabungan dimaksud.

Dibagian akhir Prof. Dr. Dian Armanto, M.Pd, MA, M.Sc, Ph. D mengapresiasi segala upaya yang telah dilakukan Yayasan ULB untuk memperbaiki profil sekolah-sekolah tinggi dan AMIK Labuhan Batu. Beliau juga tetap mendorong agar jumlah Doktor yang mengabdi di Yayasan ULB mencapai 40%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *